Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi QR Code


image via freepik

Kode QR, singkatan untuk kode respon cepat (Quick Response), adalah tipe barcode yang didefinisikan oleh bentuk yang berbeda dengan kotak yang lebih kecil dan piksel monokromatik. 

Kode ini ditemukan di Jepang oleh Toyota pada tahun 1994 untuk meningkatkan efisiensi produksi kendaraan dengan memindai dan melacak komponen kendaraan pada kecepatan tinggi selama proses manufaktur. 

Hari ini, kode-Kode QR ini meningkatkan popularitas sebagai alat pemasaran di antara perusahaan dari berbagai macam industri. Kebanyakan kode QR dapat ditemukan pada selebaran, brosur, koran, majalah, tanda halte bus, poster, jendela toko, kemasan produk dan banyak lagi.

Sebagai kode QR adalah tren baru-baru ini, menerapkan mereka sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda pasti akan memicu Inkuisisi pelanggan. 

Dengan cepat adopsi smartphone, banyak konsumen dapat dengan mudah mengunduh aplikasi pemindai kode QR di perangkat mobile mereka secara gratis. Memberikan imbalan seperti kupon eksklusif dan menawarkan melalui QR Kode tentu akan menarik konsumen untuk melakukannya.

Kode Commercial QR pada dasarnya adalah hyperlinks. Ketika dipindai, kode QR akan mengarahkan orang yang memindainya ke URL tertentu. Terlepas dari kupon dan Penawaran, konsumen mungkin juga disediakan dengan link tentang deskripsi produk, informasi perusahaan, penawaran, rincian kontes, informasi acara, kupon, video, video, halaman media sosial dan banyak lagi. 

Kode QR memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan iklan. Mereka adalah cara yang menyenangkan untuk segera melibatkan pelanggan sementara memungkinkan mereka untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan Anda dan layanan dan/atau produk yang Anda tawarkan.

Perkembangan Teknologi QR Code
image via freepik

Contoh penggunaan kode QR antara lain:

1). Film

Kode QR mungkin ditemukan di poster film. Memindai kode dapat membawa pengguna ke link yang menampilkan trailer, ulasan dan menunjukkan waktu di kota.

2). Scanly

Ini adalah aplikasi bergerak ditargetkan di sekolah pasca-sekunder siswa di Toronto. Hal ini memungkinkan siswa untuk memindai kode QR dan menerima diskon eksklusif di toko-toko yang termasuk berbagai macam restoran, kafe dan Toko pakaian.

3). Starbucks

Di Starbucks, pelanggan dapat memindai kode QR sebagai bentuk micropayment. Alih-alih sebuah kartu hadiah yang sebenarnya, kartu hadiah virtual di Starbucks juga dapat digunakan melalui kode QR.

4). Mcdonald's

Di Jepang, Mcdonald's menempatkan kode QR pada semua kemasan mereka untuk memungkinkan pelanggan untuk melihat secara digital informasi gizi masing-masing item dibeli.

5). Toko Virtual 

Di Korea Selatan, sebuah toko kelontong yang disebut Tesco Homeplus memungkinkan transit publik untuk membeli bahan makanan di stasiun kereta bawah tanah melalui beberapa kode QR ditampilkan di Billboard. Belanjaan dibeli akan dikirim ke depan pintu rumah mereka. 

Sementara sebagian besar kode QR adalah hiperteks berbasis kertas, kode QR juga dapat ditempatkan di situs web dan halaman media sosial yang mengarahkan pengunjung untuk diskon eksklusif, produk dan/atau informasi layanan atau bahkan untuk membeli produk lewat perangkat mobile mereka.

Untuk membaca lebih lanjut terkait dengan artikel - artikel lain yang lebih menarik seputar teknologi, gadget dan sains, silahkan berselancar di blog ini.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi QR Code"